Sabtu, 28 Mei 2011

.The Last Friday.,

[foto nyolong dari fb]

Yup! Ini kali ke dua gw ikut sepedaan di acara Jogja Last Friday Ride.

Pertama gw ikut, waktu bertepatan dengan satu tahunnya JLFR dibudayakan di Jogja yaitu bulan kemaren : April 2011 *gw lupa tanggalnya*.

Sebelumnya, gw mau jelasin apa itu JLFR. Mungkin bagi kalian anak gaul Jogja, kalian pasti udah kenal sama acara gowes masal ini. Tapi untuk kalian bloggiest yang ada di luar Jogja mungkin penasaran! Bahkan bisa sesak nafas kalo ngga gw jelasin! Oke, biar ngga pada sesaek nafas, gw jelasin 10taon lagi. #jahatBiarin

Jogja Last Friday Ride adalah ajang kumpul goweser atau pesepeda Jogja tiap hari Jumat di akhir bulan. Ngga dibatasin kamu cowo/cewe, sepeda jenis apa, keluaran taon berapa, rodanya ada berapa, rumah dimana, pokoknya ngga membatasi apapun! Ini juga jadi ajang kumpul masyarakat Jogja sekaligus komunitas-komunitas Jogja yang banyak jenisnya.

Ngga hanya itu, menurut gw, ini merupakan gerakan cinta bumi, cinta lingkungan, cinta bahan bakar, cinta kesehatan dan cinta sepeda. Sekaligus mengembalikan image Jogja yang dulu merupakan kota sepeda, kalo sekarang kan image nya kota SEPEDA MOTOR... T_T...

Oke, gw bakal ceritain kesan gw ikut JLFR #13 kemaren.
Awalnya kami, Amanogawa J-Community udah janjian mau ketemu di pertigaan jalan raya Janti. Gw samperin, Recca, senior satu SMA sekaligus satu komunitas ini. Lalu gowes bareng-bareng sampe pertigaan Janti bertemu dengan senior gw, Andrew.

Nyampe di Start depan Telkom atau barat stadion Kridosono. Kami istirahat sebentar sambil nungguin acara dimulai plus ngobrol ma goweser lain.

Suasana sore itu udah mulai macet karena para goweser memarkirkan sepedanya di pinggir jalan. Mereka juga kebanyakan memasuki area jalan raya. *untuk goweser yang baik, jangan dicontoh ya*. Kemruwet itu terjadi juga karena sore itu merupakan jam pulang kantor. Banyak mobil dan sepeda motor lalu lalang di sana.

Acara dimulai. Kami gowes sepeda menuju bundaran UGM. Berlanjut melewati GOR UNY kemudian memasuki jalan Gejayan dan berbelok ke jalan selokan Mataram. Di jalan selokan ini mungkin menjadi jalan penderitaan untuk para goweser yang naik fixie.

Kenapa?
Karena jalannya engga rata dan para goweser jadi ‘bergetar’. Hahaha… mungkin permisalan yang lebih gampang itu, seperti naik motor di atas jalan berbatu. *selamat menderita, ya* :P

Melewati jembatan baru di dekat UGM yang cukup gelap gulita, tapi rasa lelah tidak merasuki wajah-wajah goweser. Bersepeda bersama temen, genk, atau komunitas merupakan kesenangan tersendiri. Lelah jadi ngga terasa.

Berbelok menuju Tugu Yogyakarta.
Ada kejadian yang bikin gw malu. Saat melewati pinggir-pinggir jalan, salah satu temen gw, Recca, nyepeda di samping kanan gw. Gw kena jatah gowes bagian kiri deket sama trotoar yang kebanyakan di pake untuk angkringan dan lain sebagainya.

Kami melewati salah satu angkringan dengan seorang bapak-bapak didepannya sedang duduk di atas motor. Dia ngeliatin gw lalu bilang, ”wah, ayu tenan.”

YES! Recca ngakak ngga karuan. Dia malah bilang, ”Coco dibajuli bapak-bapak~!” Dan dia laporin kejadian itu ke Andrew. Mereka ketawa. Mereka malah ngebahas hal aneh tentang komentar gw di halaman JLFR yang di-comment banyak orang plus di bilang kimchil... *nangis dibawah binder*

Ngga nyampe di situ.

Waktu nungguin kereta api lewat dideket jalan Malioboro, lalu nyepeda melewati rel kereta api, ada simbok-simbok yang mau nyebrang sambil komentar, ” Waduh, mas-mas e ngganteng-ngganteng, mbak e ayu-ayu podo ngepit~” katanya sambil megang tangan gw *padahal gw dah mulai naik sepeda* Gara-gara suara si simbok keras banget, banyak goweser cowo yang langsung pasang suara ”ihiiiiy” *muka gw langsung panas*

Sampai di Finish yaitu 0 Km atau perempatan Serangan Umum Satu Maret. Kelompok kami memutuskan istirahat di pinggir jalan deket lampu lalu lintas. Melepas lelah dan ngobrol bareng di sini. Kemudian trotoar-trotoar mulai penuh dengan goweser yang istirahat. Bahkan trotoar yang berada di sebrang tempat kami persis udah mulai banyak manusia dan membentuk gunungan orang *yang kebanyakan cowo*

Then apa yang terjadi?
Ada 4 cewe yang nyepeda di deket gunungan cowo itu, salah satunya pake hotpants, dan dia dapet hadiah manis dari mereka. :D

Apakah itu?
Mereka, goweser cewe itu, dapet sorak-sorai dari goweser cowo. ”ihiiiii”, ”wooooo”, dan lain sebagainya... =_=a

Hal itu (mbajuli = menggoda) cewe berlanjut dari pedestrian, pengendara sepeda, pengendara motor, penumpang andong, penumpang becak. Semua jadi korban. =_=a

Wah wah, kalian belum beruntung. Tapi gw disini ngakak ampe mules ngeliat kelakuan goweser yang kompak banget ngerjain kimchil. XD

Bahkan Recca dan Andrew malah nawarin gw buat lewat sendirian di depan mereka. Mereka yakin gw bakal ikut di bajulin kaya cewe-cewe tadi. Ya pasti gw nolak banget lah... masa mau masuk ke mulut buaya.... =_=a

Masa huru hara sudah mulai berkurang, kami memutuskan untuk pulang. Sebelum pulang, gw nyoba-nyoba naik fixie punya Recca. Hampir aja gw nabrak salah satu goweser yang ada di pinggir jalan. =_=a.... dan kata Recca, gw naik fixie masih kaku kalo diliat dari belakang... ya iyeee laaah.... namanya aja baru pertama nyoba...

Di perjalanan pulang gw kerumah, ada salah satu goweser yang naik fixie. gw ngga tau dia siapa. Gw cuma heran, kenapa dia cuma main selip-selipan sama gw... =_=a
Dan yang gw sesalkan di JLFR #13 kali ini... cowo gw ngga ikut karena harus kerja... *nangis dibawah blender*

Cukup sampai di sini saja.
Aslinya gw juga mau ceritain pengalaman gw waktu ikut JLFR #12 bulan lalu yang lebih meriah, seru, dan lebih panjang jalurnya... tapi mungkin lain kali dulu ya... klo ada waktu dan kalo gw inget gw bakal ceritain lagi... C U my Friends!!

~Keep Riding~

Gowes ... gowes ... gowes ...

Ps. :
  • to goweser cewe : jangan nyesel ikutan sepedaan atau JLFR walo kalian dibajuli segunung cowo. Itu artinya loe itu CANTIK dimata mereka #hipnotisAsalasalan #biarBanyakCeweIkutan #biarBanyakKimchil
  • to goweser cowo : jangan menyerah mbajuli para kimchil. Kalian tau ngga? Kerjaan kalian ini dapet pahala, man! Kalian bikin cewe-cewe jadi ngerasa kalo mereka itu OKE, mereka KECE, dan mereka bisa jadi lebih PEDE di untuk gowes selanjutnya. INTINYA : KALIAN DAPAT PAHALA! #ngasalBanget #salahBiarin
Note :
Gowes             = nyepeda
Goweser          = orang yang nyepeda
Dibajuli             = digodain, diterikain, disiulin, dan yang lain sebagainya... =_=a
Mbajul             = ngegodain, (atau mungkin lebih tepatnya = ) ngegodain orang lewat
Kimchil             = #menurutGw artinya cewe ABG... entah deh kalo definisi orang lain...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar